24 Jun 2016 18:32

Cakra Mustofa

Seni Budaya Jatim Bisa Tangguh Hadapi MEA

rumahpan.com

Cakra Mustafa, Wakil Ketua BM PAN Jatim

SHARE :

Surabaya, RumahPAN.com – Cakra Mustofa, atau jamaknya dipanggil Cakra adalah seorang budayawan Jawa Timur eksentrik. Cakra juga mengemban amanah di Barisan Muda Partai Amanat Nasional (BM PAN) Jatim sebagai wakil ketua. Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti ini, Jatim dengan kekuatan budaya akan menjadi barometer kesuksesan Indonesia di MEA.

Karena kekuatan budaya pada masyarakat akan memunculkan kepribadian bangsa. Kepribadian bangsa ini pula yang akan berpengaruh di arus konsumsi di pasar. Ketika kita lemah dalam budaya, mana mungkin akan kuat dalam kepribadian bangsa. 

Menurutnya, jika kita lemah dalam pribadi, bangsa kita akan mudah dimasuki ‘pribadi’ asing.  “Industri seni kreatif Jawa Timur itu kaya budaya, MEA itu pertarungan ideologis. Siapa yang lebih cinta akan budayanya sendiri, dia akan unggul”, tutur Cakra

“Salah satu kunci kuat kesuksesan Jatim pada MEA nanti adalah budaya. Dari budaya kita tahu pribadi bangsa,” ujar Cakra Mustofa.

Menurutnya, jika berbicara tentang budaya yang berada di Jatim, kita akan memulainya dengan tarikan–tarikan dari Kesultanan Mataram. Di daerah eks Karesidenan Madiun, Kediri,k dan beberapa wilayah di Bojonegoro akan sama dengan daerah di Jawa Tengah.

Namun Jatim memiliki ciri yang khas sendiri dalam kebudayaan. Jika Jawa Tengah dengan kelembutan di tiap bagiannya, Jatim memiliki ketegasan dalam berbicara soal seni. Contohnya adalalah reog Ponorogo, jaran bodhag, ludruk, dan tari topeng Malang. Ini menunjukan bahwa Jawa Timur sangat menerima masuknya hal-hal baru.

Namun Jawa Timur selalu mempunyai kemasan yang dapat mengeluarkan aroma tersendiri.  Seperti rujak cingur Surabaya. Namanya saja rujak cingur, tapi di dalamnya banyak campuran masakan lain. Namun tetap mendukung si cingur sendiri.(galang anuttama/riz)

Sosial Media