28 Jul 2016 10:17

Falsafah Sapu Lidi H Masfuk

rumahpan.com

Ketua DPW PAN Jawa Timur H Masfuk.

SHARE :

Surabaya, RumahPAN.com - Perubahan besar terkadang akan sangat susah diwujudkan oleh seorang diri. Perubahan besar akan lebih gampang dicapai jika dilakukan bersama. Kunci dari semua itu adalah kebersamaan.

Ada ilmu sederhana yang ditinggalkan oleh kakek nenek kita tentang kebersamaan. Sapu lidi, kumpulan lidi atau tulang daun kelapa yang dikumpulkan dan diikat menjadi satu di ujung terbesarnya, kemudian digunakan sebagai sapu. Dengan banyaknya lidi tersebut mampu menyapu sampah atau kotoran yang sangat banyak dan sangat bersih. Akan bercerita terbalik jika jumlah lidi dari sapu tersebut hanya satu batang saja. Meskipun lidi itu panjang dan besar sekalipun.

Semangat kebersamaan inilah yang ditunjukan Partai Amanat Nasional (PAN).  Sebagai anak reformasi 1998, semangat PAN adalah kebersamaan untuk perubahan bangsa menuju kemajuan yang lebih baik. PAN lahir untuk menjawab kebutuhan bangsa akan perubahan tersebut.

Kebersamaan inilah yang juga menjadi dasar DPW PAN Jawa Timur dalam menghelat musyawarah daerah (musda). Dan di wilayah barat Jawa Timur, musda di beberapa daerah telah dijalankan dan berjalan lancar.

Tidak dimungkiri, dinamika politik berbeda ditiap daerahnya dapat dirasakan. Semua hal tersebut adalah pendewasaan politik dan wujud kecintaan kader kepada partai.

“Tidak ada yang kalah atau menang. Semua harus bekerja sama dalam perjuang membesarkan PAN,” ujar H. Masfuk, ketua Dewan Pimnpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur di tiap sambutannya dalam pembukaan musda di beberapa daerah.

Dalam musda yang telah berlangsung, Masfuk selalu menularkan semangat kebersamaan untuk berjuangan membangun partai. Tanggung jawab partai sangatlah besar. Amanah bangsa sesungguhnya berada yang berada di pundak partai. “PAN ada haruslah untuk menjawab tiap simpul permasalahan bangsa. Menjawab permasalahaan bangsa ini tidak bisa dilakukan satu atau beberapa orang kader partai saja, namun seluruh kader partai,” jelasnya.

Layaknya falsafah sapu lidi, PAN ada untuk menyelesaikan permasalahan bangsa. Membersihakan tiap sampah permasalahan bangsa. Sesuai pesan H Masfuk yang kini dipakai motto DPW PAN Jatim. “Bersama Membesarkan PAN”. PAN akan besar jika seluruh kadernya dapat berjuang bersama. Memegang erat semangat PAN dalam tiap napas perjuangannya. Untuk PAN dan untuk bangsa Indonesia. Semangat kebersamaan membangun PAN ini akan terus digaungkan dan ditularkan ke seluruh kader PAN oleh Masfuk.(galang anuttama/riz)

Sosial Media